Minggu, 26 Juni 2011

Jeritan Ujian Nasional


Kami Tidak Takut
heddeehh.....udah satu tahun ini gua resmi dikeluarin dari SMA buat ngelanjutin kuliah di depok. bulan pertama kuliah mental gua langsung drop jatuh guling - gulingan kayak kucing hamil kondisi bukaan delapan. Gimana enggak? Waktu awal bulan gua langsung diputusin ngiri lihat temen gua yang pada cakep, ganteng, tajir, cool, trendy tapi nilai tetep ASYIK, lhaa gua? Muka pas – pasan nilai bawah standar....

Galau abis...

bulan kedua gua mulai pengen balik ke zaman SMA. Zaman dimana gua berjaya, nama gua terkenal semua cewek – cewek bertekukuk lutut pengen dibagiin choki – choki  tanda tangan. “Kakak.... kakak.... photo bareng doonkk” teriakkan yang biasa gua denger tiap pagi. singkatnya waktu itu gua bahagia bangett, entah karena gua berhasil namatin Al – quran dalam satu bulan atau berhasil ngehapal hadits panjang yang diberi guru agama. Atau mungkin karena gua berhasil mancing kolam sekolah tanpa diketahui? ohh yang ini bukan gua itu temen gua, gua Cuma bantu mungutin doank

Intinya zaman SMA gua berjalan normal. g da penyiksaan, perajaman, hukum gantung ataupun lari sambil diseret – seret kuda. Semua biasa saja  sampai UJIAN NASIONAL menyapa. Busyeettt..... ujian ini bener – bener ngerubah hidup, siang malam belajar kayak orang kesetanan., beruntung gua LULUS LOLOS dari ujian beradab itu.

Oh iya, Bicara tentang ujian nasional gua inget pernah dimintain tolong buat ngasih beberapa tips ke adik kelas, belakangan diketahui mereka  tertipu dengan tampang imut gua (yang mau muntah silahkan, gua udah muntah duluan). Begitu mendapat order kayak gini gua langsung begadang ngebuat beberapa tips n trik  mutakhir yang gua pakai saat itu. Waktu itu gua inget banget nulisnya di note FB yang kemudian gua tag-in ke adik kelas. Bagi yang masih berminat untuk bahan refrensi Monggo dibacaa....


how to bost your score in national exam,,, this is my tips

Berhubung ada banyak pertanyaan serupa yang saya terima dari adek2 saya yang manis2 ini (g da yang ganteng karena berdasarkan fakta yang nanyak perempuan semua, hee) saya mulai memutuskan untuk membagi informasi mengenai bagaimana cara belajar yang baik menurut saya untuk menghadapi UAN mngkin lebih spesifik ke fisika ja kali yhaaa, tpi bisa juga di terrapin ke mata pelajarin lain kok. berikut beberapa yang perlu adek2 siapkan sebelum membaca tulisan ini lebih jauh and make decision.
  1. niat. ya iyalah,,, dimana - mana niat itu no 1, klok anda belum berniat untuk lulus, saya sarankan untuk anda berniat terlebih dahulu mulai dari sekarang. Oh yaaa,, niatin jug abaca tulisan ini sampai habiss yhaaaa >0<
  2. yakin. yakin dan percaya pada kemampuan serta skill anda bahwa anda bisa mengerjakan semua soal yang diberikan.. anda sudah belajar 3th looo, tidak akan semudah itu saja hancur dalam wakru 2 jam ^^
  3. keep your spirit. semangat dan motivasi dalam belajar itu pentiing, oleh karenanya saya saranin kepada anda untuk membuat suatu target yang ingin anda  capai. sehingga jikalau anda merasa semangat anda sedang loyo ingatlah kembali apa yang menjadi target anda, ( by H.ali ) waktu itu motivasi saya agar bisa dapet HP baru, tapi di boongin ma papi, hikss T_T
  4. persiapan. Siapkan materi – materi yang anda butuhkan untuk UN, pinjem atau fotokopi buku2 adek klas anda… klok catatan atau buku paket anda yang dulu masih ada sih lebih baguss, tpi saya ragu haa,,, haa,,,, (soalnya punya saya ilang semua, anda juga kan? Atau jangan – jangan Cuma saya saja)
  5. Silabus. Nah ini dia barang yang pling penting, sungguh sangat keterlaluan klok sampai saat ini anda blom pernah melihat silabus. Karena 100% soalnya akan keluar dari situ,. silabus semacam kisi – kisi soal yang membuat anda tidak perlu mempelajari semua materi dari kelas 1 – 3. Karena hanya ada poin2 tertentu yang akan di ujikan. Dan itu tertulis di dalam silabus semua
  6. Baca buku pembahasan UN. Karena pada biasanya soal2 yang keluar itu agak – agak mirip dengan sodaranya di tahun lalu, sehingga step – stepnya cenderung mirip. Perhatikan step2nya baik2, pelajari dan pahami
  7. Kerjakan kumpulan soal UN. Buku kumpulan soal UN seperti detik – detik itu lumayan bagus saya kiraa… jikalau anda perhatikan lebih jeli, ternyata di setiap latihan try out di dalamnya ada banyak soal yang mirip2 kann…. Ini bukti klok mang di setiap tahun tipe soal itu saling bersaudara. ^^ ( bapaknya siapa yhaaa) habisin semua soalnya maka anda akan menemukan suatu kesimpulan sendir
  8. Antisipasi. Nahhh… klok anda sudah lancer di setiap tipe soal2 yang ada di buku latihan soal saatnya mengantisipasi soal yang kemungkinan anda tidak ingini keluar. Karena kemungkinan untuk tipe soal yang berbeda dari apa yang ada di buku latihan soal2 kluar itu tetep ada… jadi kerjakan sebanyak mungkin tipe2 soal yang berbeda, intinya perbanyk lagi latihan soal di buku paket anda, kerjakan soal di setiap bab yang ada
  9. Awas soal teori. Kebanyakan siswa berfikiran kalau fisika atau kimia adalah ilmu yang membutuhkan hitung2an yang kuat, tapi inget looooo…. Pada mata pelajaran tersebut ternyata ada soal teori juga. Dan mereka mempunyai bobot yang sama dengan soal hitungan, padahal tingkat kesulitannya jelas berbeda. Jadi jangan di remehin, kalian bisa mencuri point disana
  10. SNMPTN. Ingett,, badai anda yang sebenarnya adalah masuk ke perguruan tinggi. UAN Cuma pintu gerbang yang mengantar anda kesana aja… logikanya soal SNMPTN tu lebih sulit daripada sola UAN. Jadi kalau anda bisa dengan lancer mengerjakan soal SNMPTN anda juga pasti dengan lancer mengerjakan soal UAN. Itung2 sambil menyelam buang air, heee d^^b
Ya udahh dehh, 10 aja dulu… sebenarnya masih banyak tips yang saya punya. Tapi takut ntar kepanjangan dan anda nagantuk ngebacanya. Saya udah capek2 nulis sgini panjang loo yhaa, awas klok saya denger ada yang beli kartu perdana baru lagii,,, bkin sebel tau >,</. Ini hanya sekedar informasi mengenai bagaimana saya belajar dlu, g mesti di tiru karena pada dasarnya setiap orang punya cara dan strategi belajarnya sendiri dalam menghadapi UAN atau soal – soal yang lainnya. Cukup dijadikan bahan refrensi dan pertimbangan ajaa yhaaaa…. Saya doakan semoga anda berhasil, klaau say bisa, kenapa anda tidak?Kapan – kapan saya bagiin info lagi, klok ada pertanyaan tentang akademik silahkan Tanya aja ke saya. Insya allah kalau sempat dan bisa  saya bantu
d^_^b

yupp,, tips n trik diataslah yang gua share ke adik kelas. Alay emang, tapi Tips – tips tersebut udah termasuk perbaikan dari kesalahan – kesalahan yang gua lakuin pas hari H. Mulai dari lupa rumus, lupa doa, lupa nama sampai lupa jawaban. 

Semangat buat ujiannya tahun depan, gua denger tahun ini sekolah gua 100% lagi entah pakai jawaban tuyul atau g. Tapi gua khusnul suudzon aja, lagi males mikir yang jelek – jelek.

Selamat buat yang lulus, buat angkatan yang dibawah tetep semangat!!!!

Kalian juga BISA

0 komentar: