Sabtu, 20 Desember 2014

Lembar Mahasiswa (Terakhir?)

Penampakan saat ini (mengalami pembesaran
di semua bagian)
Wahhh… sudah lama sekali tidak melanjutkan rutinitas menulis di blog ini. Kegiatan dan pekerjaan jadi alasan utama, dan sudah hampir setahun yaaa sejak tulisan terakhir. Banyak sekali kejadian dan moment penting yang saya ingin bagi dengan teman – teman, semoga setelah ini saya tidak lagi malas menulis. Haahaaa….

Hari ini mungkin tidak akan sama dengan hari hari yang lain, tepat dihadapan saya berhamburan kertas ujian dan tugas kuliah. Diatas meja dengan hanya ditemani satu botol minuman dingin dan musik klasik khas youtube saya berusaha menyelesaikan lembar demi lembar. Yaa… ini bukanlah lembar ujian yang biasa membuat saya stress ataupun jungkir balik seperti tahun – tahun sebelumnya, kertas ujian kali ini membuat saya tersenyum puas dengan lambungan kenangan dan cita – cita indah

Kertas ujian ini milik mahasiswa tempat saya mengajar, yaa… selama beberapa semester belakang saya berhasil (dengan penuh darah) menjadi salah satu asisten dosen di departemen Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia, sebuah cita – cita yang berhasil saya wujudkan semenjak mahasiswa baru. Menjadi asisten dosen ternyata tidak semanis yang saya bayangkan, banyak tantangan dan ujian yang harus saya lalui hingga sampai ditempat sekarang. Menyiapkan bahan ajar, memperdalam materi, hingga meladeni pertanyaan mahasiswa satu persatu menjadi rutinitas tiap minggunya. Sungguh mengasyikkan melihat mahasiswa baru dengan semangat segar mereka.

Menjadi asisten dosen saya sebut separuh cita – cita. Hal ini karena minat saya dalam dunia pendidikan yang teramat besar, senang rasanya bisa membagi pengetahuan dengan orang lain. Semoga dengan ini pintu saya untuk terus menimba ilmu pengetahuan terus dibukakan (amin). Saya tidak memungkiri niat saya untuk menjadi dosen dikemudian hari, namun saya juga tidak bisa mengingkari minat saya dibidang penelitian dan pengembangan daerah. Dunia ini masih luas bagi saya untuk menimba pengalaman dan pengetahuan, semoga apapun yang terjadi nanti adalah yang terbaik bagi saya dan penghidupan orang lain.

Lamunan saya melambung begitu jauh ketika menulis tulisan ini, saya melupakan lembaran mahasiswa yang ada di atas meja. Kembali saya lihat satu persatu absensi mahasiswa yang pernah saya ajar, wajah dan senyum mereka terlintas satu persatu. Begitu cepat rasanya kebahagiaan ini berlalu, semoga kertas mahasiswa ini bukan menjadi kertas mahasiswa terakhir yang saya koreksi. Salam sukses buat kalian semua, terimakasih atas semua pembelajaran yang saya terima


Ruang 24 jam FEUI

1 komentar:

kukupratiwistory.blogspot.co.id mengatakan...

hebat kak rio !
sukses terus :)